Untitled-1_0001_DSC09338
DSC04324_0001_DSC04332
Untitled-1_0000_DSC09348
DSC04324_0000_DSC04354
DSC04324_0002_Background
previous arrow
next arrow

Welcome to SD Islam Bani Hasyim

Saiful Muslimin, S.Pd.I. Bani Hasyim Malang
Saiful Muslimin, S.Pd.I.
M. Soleh, S.Si. Bani Hasyim Malang
M. Soleh, S.Si.
Hasan Asy'ari, S.Pd.I Bani Hasyim Malang
Hasan Asy'ari, S.Pd.I
Lala Widuri, S.Pd. Bani Hasyim Malang
Lala Widuri, S.Pd.

Kurikulum

Penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Islam Bani Hasyim disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah dengan menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, kurikulum operasional sekolah akan mengacu pada capaian pembelajaran kurikulum pendidikan nasional dan diterjemahkan dalam alur tujuan pembelajaran yang dikonkritkan dalam proses pembelajaran.

Penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Islam Bani Hasyim berfokus kepada pemenuhan kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21 yang memuat ciri khas dan potensi lokal sekolah. SD Islam Bani Hasyim berdomisili pada daerah yang strategis di pinggir Kabupaten Malang, pengembangan ekonomi dan wilayah pariwisata dengan keterjangkauan lokasi yang mudah ditempuh dengan sarana transportasi yang ada. Lingkungan sekolah pun berada dekat dengan sarana kesehatan, olahraga dan keagamaan sehingga menjadi salah satu kekuatan pendukung dalam proses pembelajaran.

Latar belakang peserta didik berada pada tingkat ekonomi menengah ke atas dengan sarana prasarana yang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Latar belakang keagamaan yang mayoritas bahkan hingga 100% adalah peserta didik beragama Islam. Secara sosial budaya, peserta didik memiliki latar belakang orang tua yang berbeda budaya yang disebabkan dari sebagian orangtua merupakan karyawan yang ditempatkan tugas dan berasal dari luar daerah.

Selain itu, minat bakat peserta didik juga yang sangat beragam. Berdasarkan perbedaan latar belakang tersebut maka memperkuat alasan Profil Pelajar Pancasila mampu diimplementasikan secara utuh di SD Islam Bani Hasyim dengan visi ” Insya Allah Mewujudkan Insan Ulil Albab ” yang memiliki dasar yang diambil dari surat ali Imran ayat 190-191 . 

Maka dalam penyusunan Kurikulum Operasional, karakteristik peserta didik dengan segala latar belakangnya menjadi satu pertimbangan utama agar menjadi pendidikan yang berkeadilan dalam kebhinekaan. Tujuan akhir capaian pembelajaran yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum adalah untuk membentuk karakter peserta didik untuk menumbuhkan iman, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif dengan mengakomodir keragaman tersebut

Scroll to Top