Yayasan Bani Hasyim Singosari

“Pendidikan Islam yang berkualitas adalah pendidikan yang menghasilkan lulusan yang taat menjalankan perintah Allah SWT, berakhlaqul karimah, peduli pada sesama, cinta lingkungan, cerdas, kritis, mandiri, inovatif, kreatif, dan berwawasan luas “

Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Bani Hasyim yang meliputi TPQ, Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak – Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekolah ini didirikan untuk berjuang dalam mewujudkan peradaban yang lebih baik. Wujud kongkritnya adalah upaya menciptakan manusia yang selalu ingat kepada Sang Pencipta, serta mampu menjadi hamba Allah SWT dimuka bumi ini dengan bekal keimanan, ketaqwaan, ilmu-teknologi, serta akhlaqul karimah-amaliah.

Usaha-usaha tersebut dinyatakan dalam bentuk visi Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim, yaitu membentuk Insan Ulil Albab yang berakhlaq karimah. Pendidikan dikemas dalam bentuk pelayanan yang disesuaikan dengan proses perkembangan kognitif, afektif, psikomotorik, dan kepribadian melalui Islam yang berkualitas. Ilmu dan Teknologi saat ini telah berkembang pesat, dimana seseorang dapat menilai atau memanfaat kehidupan ini dalam kesehariaannya. Perkembangan dan perubahan yang terusmenerus, perlu adanya perbaikan dalam segala sistem kehidupan terutama pendidikan terhadap anak bangsa. Lembaga Pendidikan Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim bertujuan mewujudkan insan Ulil Albab yang berakhlaqul Karimah yang mampu bekerjasama dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim mengajak santri untuk “berfikir, berdzikir, dan berakhlaqul karimah kapan dan dimanapun mereka berada.” Berbekal ilmu yang komperhensif, berkesinambungan dan belajar sepanjang hayat melalui pendidikan yang organis dan dinamis antar ruh (puncak kesadaran), nurani, kesadaran, bawah sadar perilaku, dan tubuh (materi) sehingga dapat mengembangkan kecakapan hidup melalui pembudayaan membaca, menulis, berhitung, sikap dan perilaku adaptif, kreatif, kooperatif, dengan akhlaq karimah. Bertambah tinggi ilmu seseorang, seyogyanya bertambah pula ia mengingat Allah karena dengan bertawakal kepada Allah SWT sebagai tanda pengakuan atas kelemahan diri dan selalu mengharapkan keridhaanNya.